Monday, December 29, 2008

Dua Ciri Teori: Mempengaruhi dan Menggerakkan

Teori sebagai paradigma (kerangka pikiran) mempunyai dua ciri, yaitu (1) memengaruhi, dan (2) menggerakkan. Bagaimana caranya? Dan apa saja yang dipengaruhi dan digerakkan? Mari kita lihat.

Pertama, teori berciri mempengaruhi karena apa yang dipostulatkan oleh teori mengubah cara pandang orang tentang hal-hal yang dikemukakannya. Dalam hal ini, teori bisa diibaratkan sebagai sebuah kacamata yang membuat apa yang kita amati dan kita pelajari menjadi tampak berbeda, sehingga cara kita bertindak terhadap objek itu juga berbeda.

Teori mengubah cara pandang kita dengan "menelanjangi" common sense - apa yang yang menurut penglihatan kasat dan pengalaman dianggap benar dan sudah semestinya. (Kita akan mencoba melihat contoh bagaimana "teori" menafikan common sense pada tulisan berikut.)

Selain memengaruhi, teori juga menggerakkan. Artinya, apa yang dikemukakan oleh teori dapat menggerakkan orang untuk berpikir mengenai hal-hal yang dikemukakannya.

Untuk saat ini, cukup sampai di sini. Pada tulisan berikut, sebagaimana saya janjikan di atas, kita akan melihat contoh-contoh di mana teori memengaruhi dan menggerakkan.

1 comment:

  1. Ironing our bones - Tatiana Institute of Electrical Engineering
    Ironing our bones - Tatiana Institute titanium tube of Electrical titanium welder Engineering 3) The oakley titanium sunglasses ironing does titanium have nickel in it of our bones - Tatiana Institute of Electrical Engineering titanium pickaxe terraria is a

    ReplyDelete